Keunggulan Menggunakan Kusen Aluminium dibanding Kusen Kayu

Hikari Aluminium – Setiap manusia memiliki impian. Baik itu berupa sebuah pekerjaan, tujuan wisata, atau memiliki suatu barang. Salah satunya ada rumah. Setiap orang ingin memiliki rumah yang sesuai dengan impiannya. Tempat di mana manusia berteduh, berkumpul, dan beristirahat dari lelahnya pekerjaan. Bentuk, dekorasi, dan perabot yang dipakai harus sesuai dengan keinginan sehingga penghuni betah di dalam rumahnya. Salah satu elemen penting bagi rumah adalah kusen. Kusen aluminium bisa memberikan tampilan bagi rumah anda sehingga pemilihan kusen yang baik adalah hal yang cukup penting jika anda ingin tampilan rumah sesuai dengan selera anda.

Ada berbagai macam material yang digunakan dalam membuat kusen. Diantaranya adalah kayu dan aluminium. Dua material ini cukup populer di masyarakat. Artikel ini akan membahas seputar kusen aluminum, diantaranya mengenai:

  1. Tren Kusen Aluminium
  2. 9 Keunggulan Menggunakan Kusen Aluminium
    1. Mudah Dirawat
    2. Tahan Lama
    3. Tahan Segala Cuaca
    4. Tahan Api
    5. Ringan
    6. Lebih Terlihat Trendy
    7. Menstabilkan Suhu Ruangan
    8. Harganya Murah
    9. Ramah Lingkungan
  3. Kerugian Menggunakan Kusen Aluminium
  4. Tips Memasang, Merawat, dan Memperbaiki Kusen Aluminium
    1. Memasang Kusen Aluminium
    2. Merawat Kusen Aluminium
    3. Memperbaiki Kusen Aluminium

1. Tren Kusen Aluminium

Kusen adalah bagian vertikal yang menjadi tumpuan pintu yang terpasang di kiri dan kanan. Kusen harus cukup kuat untuk menahan berat pintu. Kusen juga harus mampu mengunci pintu secara aman, terutama bagian luarnya karena mampu menghalangi orang luar untuk masuk ke rumah. Baik pintu dan kusen harus terpasang dengan baik untuk memastikan tidak ada celah di antara pintu dan kusen agar tidak ada benda asing masuk ke dalam ruangan.

Kusen sudah digunakan sejak dua ribu tahun sebelum masehi, yang terbuat dari batu basalt atau granit. Pada abad pertengahan, kusen terbuat dari tembaga muncul. Pintu dan kusen dari Basilica of the Nativity di kota Bethlehem, Palestina. Masjid Hagia Sophia di Konstantinopel juga memiliki kusen yang terbuat dari perak. Trend pintu dan kusen perak sangat populer hingga abad 15. Pergantian dari kusen perak ke kusen kayu tidak diketahui secara pasti. Namun pada abad 12, Lincoln Cathedral memiliki pintu dan kusen yang terbuat dari kayu.

Seiring berkembangnya teknologi, material lain digunakan untuk membuat kusen. Dapat dilihat sekarang aluminum menjadi populer terutama bagi masyarakat yang menginginkan desain kusen yang beragam. Namun, penggunaan kayu sebagai kusen juga masih cukup diminati masyarakat.

Dengan segala keunggulannya, seperti mudah diterapkan dengan berbagai konsep desain rumah, kini banyak orang menggunakan kusen aluminium pada rumahnya.

2. 9 Keunggulan Menggunakan Kusen Aluminium

 

Kusen aluminum memiliki keunggulannya tersendiri dibandingkan dengan kusen kayu. Berikut ini beberapa keunggulan dari kusen aluminum

1. Mudah Dirawat

Kusen aluminum mudah dirawat. Kusen aluminum juga tidak berkarat atau pudar warnanya. Anda hanya perlu membersihkannya dua kali dalam satu tahun. Untuk merawatnya, anda hanya memerlukan campuran air dan sabun. Semprotkan campuran air dan sabun ke permukaan kusen, kemudian usap menggunakan kain halus.

2. Tahan Lama

Salah satu alasan utama kusen aluminum populer adalah daya tahannya yang sangat tinggi. Aluminum tahan akan korosi dan karat sehingga di manapun anda tinggal, baik itu di tengah kota, desa, atau pegunungan, kusen aluminum akan tetap berdiri kokoh.

3. Tahan Segala Cuaca

Kusen aluminum yang baik telah mendapatkan perlakuan khusus di pabriknya. Sifat alaminya yang tahan akan segala cuaca dan tahan angin kencang, sangat direkomendasikan untuk menggunakannya ketimbang anda menggunakan kusen kayu, terutama untuk pintu masuk rumah, jendela dapur, kamar mandi, dan kamar tidur.

4. Tahan Api

Faktor penting lain yang harus diperhatikan ketika mencari kusen adalah ketahanannya akan api ketika terjadi kebakaran. Kusen aluminum adalah pilihan terbaik dan teraman, karena secara alami, kusen aluminum memiliki ketahanan terhadap api yang sangat tinggi. Namun, harus dipasang oleh pekerja berpengalaman untuk urusan ini.

5. Ringan

Aluminum merupakan logam yang sangat ringan dengan berat spesifik 2.7g/mc3, hanya sepertiganya dari baja dan tembaga. Nyatanya, aluminum adalah salah satu logam teringan yang ada di pasaran. Hal inilah yang menjadi aluminum sangat ideal untuk pembuatan kusen.

6. Lebih Terlihat Trendy

Ketika urusan desain rumah, aluminum adalah material yang melambangkan arsitektur kontemporer. Kusen aluminum mudah untuk di cat untuk tampilan yang berbeda. Bagaimanapun bentuk pintu dan jendela anda, aluminum dapat dibentuk sesuai dengan bentuk pintu dan jendela.

7. Menstabilkan Suhu Ruangan

Pembuatan kusen aluminum membaik secara signifikan dari tahun ke tahun dan menawarkan penyekatan yang luar biasa. Dipadukan dengan kaca lapis ganda, kusen aluminum akan mengurangi berkurangnya kehangatan ruangan dan peningkatan hawa dingin dari luar rumah sehingga ruangan anda memiliki suhu yang stabil. Dengan demikian, anda tidak perlu menyalakan penghangat ruangan atau pendingin ruangan dalam jangka waktu yang lama sehingga tagihan listrik anda dapat diminimalisir.

8. Harganya Murah

Harga kusen aluminum lebih murah daripada kusen kayu. Dalam beberapa tahun, aluminum juga akan lebih murah dari uPVC yang materialnya kurang efisien. Aluminium lebih mudah dibentuk jadi jika anda ingin mengganti seluruh kusen dan pintunya atau ingin bentuk pintu dan jendela yang unik, biaya pembuatan dan pemasangan akan jauh lebih murah dari kayu.

Pada akhirnya, bukan harga saat anda membelinya yang dipermasalahkan. Kayu membutuhkan perawatan yang lebih sering, sehingga umurnya akan berkurang secara drastis. Aluminum di lain pihak, anda tidak perlu repot merawatnya.

Dengan begitu, mengeluarkan uang yang sedikit lebih ketika anda membeli kusen aluminium akan menjadi sebuah langkah cerdas yang akan menyelamatkan anda dari biaya perawatan yang tinggi. Namun semua tergantung bujet ketika anda akan membeli kusen.

9. Ramah Lingkungan

Aluminum dapat didaur ulang atau digunakan kembali secara penuh sebanyak – banyaknya sehingga aluminum menjadi material yang sangat ramah lingkungan. Ditambah lagi, menggunakan aluminum akan menyelamatkan pohon. Tidak hanya memiliki sisa karbon dioksida yang rendah, tapi juga jika anda ingin mengganti kusen aluminium, kusen lama dapat didaur ulang menjadi benda yang baru. Aluminum yang didaur ulang sangat mirip kualitasnya dengan aluminum yang baru dicetak. Nyatanya, 75 persen dari semua aluminum yang telah diproduksi masih tetap dipakai sekarang ini.

3. Kerugian Menggunakan Kusen Aluminium

 

Kusen aluminum memiliki warna yang menarik (foto: Pinterest)

Kusen aluminum memiliki warna yang menarik (foto: Pinterest)

Seperti halnya kusen kayu, kusen aluminum juga memiliki beberapa kekurangan yang cukup perlu dipertimbangkan sebelum anda menggunakannya. Beberapa diantaranya adalah masalah jamur. Tentu kusen aluminum tahan lembab namun drywallnya tidak demikian. Biasanya bagian dalam kusen dan lapisan catnya ditekan secara bersamaan selama pemasangan. Aluminium adalah penghantar panas yang baik. Ini berarti ketika suhu ruangan dingin, bagian dalam aluminum akan mendingin. Ketika bagian luar permukaan kusen lebih hangat dari bagian dalamnya, udara ruangan akan terkondensasi di permukaan kusen. Permukaan aluminum tidak menyerap lembab namun bagian catnya rentan akan lembab. Dengan begini, bagian ujung kusen akan berjamur.

Untuk para pecinta pemandangan alam, aluminum sangat buruk untuk mata mereka. Pemandangan logam akan mengganggu tema alam dari rumah meskipun kusen sudah dicat senada dengan kayu. Untuk aura alam yang lebih kuat, bagi mereka, tidak ada yang bisa menggantikan penampilan dari kusen kayu.

 

4. Tips Memasang, Merawat, dan Memperbaiki Kusen Aluminum

 

Rumah model klasik masih cocok dipasangi kusen aluminium. (foto: Pinterest)

Rumah model klasik masih cocok dipasangi kusen aluminium. (foto: Pinterest)

Agar kusen aluminum anda memiliki umur yang panjang, ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Berikut adalah tips memasang, merawat, dan memperbaiki kusen aluminum

1. Memasang Kusen Aluminum

Ukur dengan tepat pintu atau jendela anda. Pastikan anda memiliki ukuran yang pas agar pintu atau jendela dapat terpasang dengan rapat. Ukur tinggi dan panjang dari jendela atau pintu ketika tertutup dan ketika terbuka. Anda juga harus memastikan bahwa pembukaan pintu harus leluasa serta semua kotoran, permukaan yang tidak rata, dan lain – lainnya sudah hilang.

2. Merawat Kusen Aluminum

Hilangkan kotoran membandel di permukaan dengan cairan pembersih yang sifatnya lembut atau berbahan dasar minyak tanah. Bersihkanlah secara berkala, cukup dua kali dalam setahun.

3. Memperbaiki Kusen Aluminum

Jika kusen anda penyok, anda dapat menggunakan compound yang biasa digunakan untuk memperbaiki bodykit mobil. Buat campuran compound dan pengerasnya dalam satu wadah. Oleskan pada bagian yang penyok, kemudian ratakan permukaannya menggunakan pisau dempul. Pastikan permukaan compound rata dengan kusen. Tunggu 4 jam sampai mengering, kemudan amplas bagian compound. Terakhir, cat bagian compound tersebut sama dengan warna kusen.

Demikian pembahasan seputar kusen aluminum. Semoga artikel ini memberikan wawasan baru bagi anda. Pastikan kusen yang anda beli menambah cantik rumah anda sehingga anda puas dengan pilihan anda dan anda tidak menyesal membeli kusen yang salah karena penyesalan tidak ada gunanya.