Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium
Pada masa kini, saat desain rumah minimalis menjadi pilihan banyak orang, 
maka kusen jendela dan pintu dari bahan aluminum juga naik daun. Aluminum (Al) 
adalah elemen bernomor atom 13 dalam tabel periodik yang juga kerap kali disebut 
dengan nama ‘aluminium’.

Kelebihan Kusen Aluminium

Tahan terhadap cuaca

Aluminum memiliki sifat tahan terhadap korosi, bahkan terhadap air laut sehingga kusen aluminum tahan terhadap perubahan cuaca. Kusen aluminum cocok digunakan pada area lembab seperti kamar mandi, ruang bilas, ruang cuci, dapur, pabrik, dan sebagainya.

Tahan terhadap rayap dan jamur

Kusen aluminum sangat sesuai untuk digunakan dalam bangunan yang berada di wilayah dengan tingkat populasi rayap yang tinggi. Tahan juga terhadap jamur, sehingga ruangan tempatnya berada tidak mudah lembab.

Dikenal Kuat

Aluminum memiliki kekuatan bahan yang cukup baik terhadap tegangan mekanik. Kusen berbahan aluminum juga tidak mudah memuai dan menyusut sehingga kusen jenis ini tidak mudah melengkung. Hal ini menyebabkan dinding bangunan atau rumah tidak cepat retak akibat pemuaian kusen jendela dan pintu.

Bobot yang Ringan

Bobotnya ringan sehingga kusen tidak memberikan beban tambahan yang terlampau besar pada tembok atau dinding rumah Anda.

Tahan lama

Karena tahan cuaca, tahan rayap dan jamur, usia pakainya juga panjang sehingga penghematan dalam investasi rumah atau bangunan Anda.

Banyak pilihan warna yang menarik

Di pasaran saat ini ada berbagai pilihan warna sehigga memudahkan kita menyesuaikannya dengan warna rumah atau bangunan Anda.

Pemasangannya dan perawatannya mudah

Pemasangan atau pembongkarannya relatif lebih mudah dibandingkan kusen dari bahan kayu. Dinding tidak perlu dijebol untuk melepaskannya sehingga proses penggantian kusen berbahan aluminum dapat relatif lebih cepat. Perawatannya pun mudah, cukup dibersihkan dengan lap yang dibasahi sedikit sabun cuci piring.